Tutorial Ebuddy Mobile Messenger

0 komentar
I. Abstraksi
Telah kita ketahui bahwa salah satu aplikasi chatting yang sedang marak digunakan pada saat ini adalah eBuddy messenger. eBuddy messenger disini digunakan melalui perangkat keras yaitu handphone atau via mobile. Ebuddy Mobile Messenger sendiri merupakan aplikasi pengirim pesan instan melalui jaringan internet berbasiskan telepon seluler. Untuk menggunakan eBuddy Mobile Messenger, gunakan browser di ponsel Anda untuk mengunjungi http://get.ebuddy.com. Selanjutnya, ponsel secara otomatis akan mendeteksi merek dan tipe ponsel yang Anda gunakan. Dari sana Anda dapat mengunduh versi eBuddy yang sesuai dengan merek dan tipe ponsel Anda.

II. Pendahuluan

II.1 Latar Belakang

Aplikasi Messenger sudah semakin akrab dalam kehidupan kita sehari-hari. Aplikasi ini bahkan sudah bisa menyamakan dengan popularitas SMS. Seperti telah kita ketahui dengan Messenger pengguna dapat mengobrol dengan satu orang atau lebih secara bersamaan tanpa dikenai biaya per sekali kirim layaknya SMS. Ebuddy Mobile Messenger sendiri merupakan aplikasi pengirim pesan instan melalui jaringan internet berbasiskan telepon seluler. Software ini diluncurkan mulai bulan Juni 2007. Ebuddy mobile messenger mendukung banyak aplikasi messenger populer seperti MSN, Yahoo!, AIM dan Google Talk. Ebuddy mendukung hampir seluruh merek ponsel baik yang memiliki sistem operasi symbian, windows linux ataupun embadded asalkan mendukung java. Fitur-fitur yang dimiliki oleh software ini adalah dapat mengunduh dengan cepat, kecanggihan dalam interface, mendukung berbagai layanan pengiriman pesan instan, dapat melihat profil teman, hemat penggunaan data, dapat mengirim atau menerima pesan offline dan dapat mengirim gambar dalam sebuah chatting. Kekurangan yang dimiliki oleh ebuddy yaitu menghabiskan banyak bandwidth, tidak mempunyai tema, dan tidak dapat mengirim pesan.

II.2 Rumusan Masalah

1. Apa pengertian dari Ebuddy Mobile Messenger ?
2. Bagaimana cara menginstal dan menjalankan eBuddy Mobile Messenger ?
II.3 Tujuan Penulisan
1. Untuk mengetahui pengertian dari eBuddy mobile Messenger
2. Untuk mengetahui cara menginstal dan menjalankan eBuddy Mobile Messenger.

III. Telaah Pustaka

Alat yang diperlukan adalah aplikasi eBuddy Mobile Messenger dan akses internet untuk menjalankannya.

IV. Pembahasan


Langkah – langkah yang harus dilakukan dalam menginstal eBuddy Mobile Messenger
• Langkah pertama anda masuk ke File Manager, kemudian anda jalankan file.jar yang telah kita unduh. Saat muncul konfirmasi mengenai instalasi anda jawab Yes. Tak lama kemudian, eBuddy Mobile Messenger akan ter-install di ponsel Anda.

• Langkah yang kedua yaitu mengaktifkan eBuddy. Setelah eBuddy ter-install, jalankan aplikasi tersebut. Dengan cara masuk ke dalam menu Applications pada ponsel, lalu carilah aplikasi eBuddy yang menggunakan icon bergambar huruf e. Saat pertama kali menjalankan, Anda akan melihat eBuddy melakukan uji coba koneksi. Dalam proses ini biasanya ponsel akan menanyakan apakah Anda memperbolehkan aplikasi tersebut untuk mengakses Internet atau tidak. Jawab Yes agar eBuddy dapat berkomunikasi dengan server eBuddy.com. Bila koneksi berhasil, akan muncul pesan “Connection Successsful”. Berikutnya Anda akan ditanya bahasa yang ingin Anda gunakan. Jika bahasa telah dipilih, klik Next.

• Langkah yang ketiga yaitu melakukan registrasi. Disini anda diminta untuk memasukkan user ID yang diinginkan pada kolom eBuddy, setelah itu isikan password yang ingin anda gunakan pada kolom Choose password dan ulangi password yang sama pada kolom Confirm password. Isikan alamat e-mail anda pada kolom E-mail address. Pilih jenis kelamin pada kolom Gender, lalu isikan tanggal lahir anda pada kolom Date of birth dengan format dd mm yyyy. Beri tanda cek di depan opsi I agree with the term on www.ebuddy.com/terms.php sebelum melakukan konfirmasi pembuatan akun. Setelah itu tekan tombol Create. Saat muncul pertanyaan Allow network access?, jawab dengan Yes. Jika eBuddy ID yang Anda buat belum ada yang memiliki, Anda akan mendapat konfirmasi keberhasilan pembuatan akun. Jika eBuddy ID yang Anda pilih sudah ada yang punya, Anda harus memilih eBuddy ID yang lain.

• Langkah yang keempat yaitu mengalokasikan akun messenger Anda di akun eBuddy. Pada layar Add account, pilih akun messenger yang biasa Anda gunakan: MSN, Yahoo!, AIM atau Gtalk. Pada kolom di bawahnya, isikan user name dan password yang biasa Anda gunakan untuk login ke messenger. Tekan Done untuk mengakhiri rangkaian proses registrasi di atas. Tak lama kemudian eBuddy akan langsung membawa Anda untuk login ke layanan messenger

• Langkah yang kelima yaitu Memulai Chatting. Untuk mulai chatting, Anda dapat memilih daftar teman yang terdapat pada Friend List di messenger Anda. Hanya dengan sorot dan tekan pada nama teman Anda dan Anda sudah bisa langsung mengetikkan pesan instan untuknya. Daftar kontak yang terdapat pada Friend list eBuddy ini diimpor langsung dari data kontak yang terdapat di akun MSN/Yahoo!/AIM/Google Anda. Jadi, Anda tidak perlu lagi menambahkan data kontak secara manual ke akun eBuddy.

• Langkah yang keenam yaitu chatting conference. Untuk melakukan chating dengan berkelompok hal yang harus kita lakukan yaitu pilih Menu > Start Conference, lalu pilih teman-teman yang ingin Anda ajak ngobrol bersama-sama. Setelah itu tekan tombol Invite. Jika teman anda menyetujui untuk bergabung dalam ruang confernce anda, eBuddy akan menginformasikannya di tab Conference.

• Langkah yang ketujuh yaitu menambah dan menghapus kontak. Untuk menambah atau menghapus salah satu kontak, Anda dapat memilih Add buddy atau Delete pada daftar menu. Sementara untuk memblokir kontak tertentu, Anda dapat memilih salah satu nama pada daftar kontak Anda, lalu pilih Block pada daftar menu.


V. Kesimpulan
Ebuddy Mobile Messenger merupakan aplikasi pengirim pesan instan melalui jaringan internet berbasiskan telepon seluler. Software ini diluncurkan mulai bulan Juni 2007. Ebuddy mobile messenger mendukung banyak aplikasi messenger populer seperti MSN, Yahoo!, AIM dan Google Talk. Fitur-fitur yang dimiliki oleh software ini adalah dapat mengunduh dengan cepat, kecanggihan dalam interface, mendukung berbagai layanan pengiriman pesan instan dan dapat melihat profil teman.

Sumber:
http://www.sema-likmi.com/forum/index.php?topic=548.0
http://id.wikipedia.org/wiki/EBuddy

0 komentar:

Posting Komentar

 

©Copyright 2011 Rizkamuslimah.com | deliverdee