Sejarah Perkembangan Internet

0 komentar
I. Abstraksi
Sebagaimana diketahui internet pada saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat, internet sepertinya sudah merupakan hal yang umum di masyarakat. Kita semua tahu apa itu internet, secara sederhana internet adalah dari jaringan ke jaringan dan tempat untuk mencari informasi maupun bertukar informasi secara luas. Pengoperasian jaringan internet bertumpu diatas sarana telekomunikasi. Jalur lambatnya menggunakan modem atau saluran telepon, sedangkan jalur cepatnya menggunakan ISDN atau frame relay.

II. Pendahuluan

II.1 Latar Belakang
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai sejarah perkembangan internet. Internet atau biasa yang disebut interconnection networking adalah kumpulan komputer yang saling berhubungan dalam bentuk jaringan dengan menggunakan standar Internet Protocol Suite(TCP/IP). Rangkaian jaringan yang terbesar dinamakan Internet sedangkan cara yang menghubungkan rangkaian ini dinamakan internetworking. Setiap komputer yang terhubung dengan jaringan dapat berkomunikasi dalam bentuk pertukaran data dan informasi. Hal ini dapat dilakukan secara langsung. Pengoperasian jaringan internet bertumpu atas sarana telekomunikasi. Jalur lambatnya menggunakan modem dan saluran telepon, sedangkan jaliur cepatnya menggunakan ISDN atau frame relay.

II.2 Rumusan Masalah
Dari latar belakang masalah diatas, penulis dapat mengambil rumusan masalah sebagai berikut :
1. Bagaimana perkembangan Internet di Indonesia ?
2. Apa itu TCP/IP ?
3. Apa saja fasilitas internet ?

II.3 Tujuan Penulisan

1. Untuk mengetahui perkembangan internet di Indonesia.
2. Untuk mengetahui fasilitas apa saja yang ada di internet.

III. Telaah Pustaka
Peralatan yang diperlukan adalah komputer atau laptop dan koneksi internet menggunakan modem.

IV. Pembahasan
Pada awalnya Internet merupakan suatu jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika di awal tahun enam puluhan, melalui proyek ARPA (Advanced Research Project Agency) yang disebut dengan ARPANET. Proyek ARPANET bertujuan untuk merancang bentuk jaringan, kehandalan, dan seberapa besar informasi dapat dipindahkan. ARPANET dibentuk secara khusus oleh empat universitas besar di Amerika yaitu: Stanford Research Institute, University of California di Santa Barbara, University of California di Los Angeles, dan University of Utah, dimana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tetapi pada awal tahun delapan puluhan, seluruh jaringan yang tercakup dalam proyek ARPANET diubah menjadi TCP/IP karena proyeknya sendiri sudah dihentikan, dan jaringan ARPANET inilah yang merupakan koneksi utama (backbone) dari internet. Proyek percobaan tersebut akhirnya dilanjutkan dan dibiayai oleh NSF (National Science Foundation) suatu lembaga ilmu pengetahuan seperti LIPI di Indonesia. NSF lalu mengubah nama jaringan ARPANET menjadi NSFNET yang backbonenya memiliki kecepatan tinggi dan dihubungkan ke komputer-komputer yang ada di universitas dan lembaga penelitian yang tersebar di Amerika. Setelah itu, pemerintah Amerika Serikat memberikan izin ke arah komersial pada awal tahun 1990.
Seperti telah disinggung sebelumnya jaringan internet dalam melakukan komunikasi dengan menggunakan standar protokol TCP/IP atau yang disebut Tansmission Contol Protocol/ Internet Protocol. TCP/IP adalah protokol yang mengendalikan dan mengatur terjadinya hubungan, komunikasi dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Fungsi protokol TCP/IP ini mengirimkan data ke komputer terdekat atau yang jauh (antarnegara) dan tiba dalam waktu yang cepat tanpa rusak atau hilang. Saat kita mengirimkan teks ke mesin atau komputer lain, TCP/IP mulai bekerja. TCP membagi teks tersebut menjadi paket-paket data kecil, menambahkan beberapa informasi, sehingga komputer penerima memastikan bahwa paket yang diterimanya tidak mengalami kerusakan sepanjang pengiriman. Saat paket-paket TCP/IP tiba di komputer tujuan, komputer membuka label alamat IP lalu menggunakan daftar pengiriman yang ada pada pakt TCP untuk memeriksa apakah ada kerusakan paket yang terjadi selama pengiriman, dan menyusun kembali paket-paket tersebut menjadi susunan teks seperti aslinya.
Fasilitas Internet yang ada pada saat ini sangatlah bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Internet memiliki bagian-bagian seperti:
1. World Wide Web adalah bagian yang paling menarik dari internet melalui web kita dapat mengakses informasi-informasi tidak hanya berupa teks tapi juga gambar-gambar, suara, dan film.
2. Electronic Mail adalah surat elektronik yang dikirimkan dari internet dengan fasilitas ini kita bisa mengirim atau menerima e-mail dari dan ke pengguna internet diseluruh dunia.
3. Telnet digunakan komputer untuk berhubungan dengan komputer orang lain dan juga mencari informasi yang ada pada komputer tersebut.
4. FTP digunakan untuk mengirim data atau file dari komputer satu ke komputer yang lain.
5. IRC adalah forum dimana pemakai dapat saling berdiskusi dengan pemakai lain.
6. Newsgroup yaitu ruang percakapan bagi para anggota yang mempunyai kepentingan yang sama.
7. Video dan Audio digunakan untuk menemukan suara dan gambar yang tersedia dalam internet.

V. Kesimpulan
Jadi, perkembangan internet sangat lah pesat dan banyak manfaat


Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Internet
N.H.,Fairus, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Jakarta: Ganeca Exact, 2005

0 komentar:

Posting Komentar

 

©Copyright 2011 Rizkamuslimah.com | deliverdee