PERBANDINGAN GADGET BLACKBERRY ONYX dan NOKIA E72

1 komentar
Seperti telah kita ketahui saat ini sedang marak maraknya penggunaan gadget Blacberry baik dikalangan tua dan muda. Dibandingkan tahun tahun sebelumnya ponsel Nokia lebih diunggulkan dibanding ponsel ponsel GSM tipe lain seperti Samsung, LG dan Sony Erricson. Apalagi ketika Blacberry meluncurkan Blackberry Onyx yang hampir bersamaan dengan peluncuran Nokia E72. Disini saya akan mencoba memberikan pendapat tentang kelebihan dan kekurangan dari ponsel Blackberry dan ponsel Nokia E72.


Blacberry Onyx
Dilihat dari segi bentuk Blackberry terkesan lebih ramping namun sedikit lebih tebal atau dapat dikatakan Blakberry ini termasuk ke dalam type Candybar dengan Fixed Internal. Memiliki ukuran dimensi 109 x 60 x 14 dengan berat 120 g. Dilihat dari segi Keypad, blacberry termasuk dalam golongan QWERTY dengan 5-way navigation key. Selain itu memiliki resolusi layar 480 x 360 pixels. Untuk Fasilitas memory yang tersedia yaitu phonebook 1000, internal (MB) 1GB storage dan 256 MB ROM. Type battery yang digunakan yaitu Standard battery, Li-Ion 1500 mAH, dengan waktu Stand-by 520 hours.Memiliki resolusi camera 3,2 Megapixel disertai dengan Flash.
Untuk Connectivity dalam gadget Blackberry terdapat HSDPA, EDGE dan GPRS. Jika jaringan dari suatu daerah yang kita tempati memiliki jaringan yang baik maka tulisan yang tertera dalam ponsel yaitu HSDPA. Apabila kita berada pada suatu daerah yang minim signal maka di ponsel BB terdapat tulisan EDGE. Untuk software yang digunakan pada Blakberry adalah Java (J2ME). Operating System yang digunakan dimulai dari OS 2 sampai OS 6. Pada blacberry telah tersedia fitur BBM atau yang disebut dengan Blakberry Messanger. BBM adalah fasilitas chatting antar pengguna bb. Di dalam BBM ini kita dapat mengirimkan picture, voice note, file, location, messanger contact dan Blackberry contact. Yang membedakan BBM dengan Yahoo Messanger adalah tanda terkirim pesan kita atau tidak. Pada BBM jika pesan kita terkirim akan terdapat tulisan D jika sudah dibaca akan terdapat tulisan R. Selain itu di dalam BBM kita juga dapat membuat group untuk melakukan diskusi secara real time
Nokia E72


Dilihat dari segi bentuk Nokia E72 terkesan lebih elegan namun sedikit lebih berat dibandingkan dengan Blakberry. Bentuk Nokia E72 ini termasuk dalam Monoblock dengan keyboard ukuran penuh. E72 Memiliki ukuran dimensi 114 x 58.3 x 10.1 mm dengan berat 128 g. Dilihat dari segi Keypad, nokia E72 termasuk dalam golongan QWERTY dengan Optical Navi yang intuitif . Selain itu memiliki resolusi layar 320 x 240 pixels (QVGA). Untuk Fasilitas memory yang tersedia yaitu microSD 4 GB (dengan hot-swap) mendukung hingga 16 GB dan 250 MB ruang disk pengguna yang kosong. Type battery yang digunakan yaitu Standard battery, Li-Ion Nokia 1500 mAH BP-4L, dengan waktu Stand-by 492 hours. Memiliki resolusi camera 5.0 Megapixel disertai dengan Flash.
Kelebihan lain yang dimiliki Nokia E72 adalah handset ini mendukung protokol ActiveSync yang digunakan oleh Microsoft Exchange. Jadi pengguna korporat dapat selalu terkoneksi dengan email kantornya yang mencakup sinkronisasi email, kontak, notes, dan kalender. Sementara di Blackberry pengguna harus berlangganan pake Blackberry Enterprise atau BES untuk dapat menikmati fitur ini (BIS hanya bisa melakukan sinkronisasi email dan kalender satu arah dari server ke handset). Tentunya paket berlangganan BES lebih mahal dibanding dengan BIS. Nokia E72 juga mendukung aplikasi-aplikasi yang menggunakan platform Java dan Symbian 3rd generation. Jika dihitung dari jumlah aplikasi yang beredar, aplikasi yang bisa digunakan pada Nokia E72 lebih banyak jika dibandingkan dengan Blackberry.
Untuk Connectivity dalam gadget Nokia E72 yaitu GPRS kelas A, EGSM kelas A, WCDMA 850/1900/2100, Kecepatan maksimum HSDPA: 10.2 Mbps. Jika di Blackberry terdapat BBM kalau di nokia E72 kita harus menginstal terlebih dahulu applikasi chating seperti Windows (MSN) Live, OMA IM, Presence dan Ovi Contacts. Fasilitas chating ini bebas dilakukan ke siapa saja asalkan memiliki akun msn tanpa pandang gadget.

sumber: http://www.nokia.com
http://www.blackberry.com

1 komentar:

Posting Komentar

 

©Copyright 2011 Rizkamuslimah.com | deliverdee