Persyaratan dalam Terhubung ke Internet

0 komentar
I. Abstraksi

Pada zaman modern ini sudah tak asing dalam penggunaan internet. Saat ini internet digunakan sebagai media komunikasi melalui dunia maya dan juga sebagai sarana mencari informasi. Internet sendiri terhubung melalui sebuah komputer. Komputer disini memerlukan hardisk yang berisi software untuk menghubungkan dengan internet service provider dan internet seperti web browser. Internet service provider adalah perusahaan yang menawarkan jasa pelayanan untuk berhubungan dengan internet. Untuk mengakses nya cukup menghubungi internet service provider melalui komputer dan modem, selanjutnya internet service provider akan mengurus detail-detail yang diperlukan untuk berhubungan dengan internet.

II. Pendahuluan

II.1 Latar Belakang
Internet adalah jaringan komputer yang bisa di kategorikan sebagai WAN, menghubungkan bejuta komputer di seluruh dunia, tanpa batas negara, dimana setiap orang yang memiliki komputer dapat bergabung ke dalam jaringan ini hanya dengan melakukan koneksi ke penyedia layanan internet. Dalam suatu komputer diperlukan hard disk yang berisi software untuk berhubungan dengan Internet Service Provider dan internet seperti web browser. Untuk bisa mengakses internet tidak cukup hanya dengan komputer saja, disini membutuhkan peralatan-peralatan bantu seperti CPU, RAM, Hardisk dan sebagainya.
II.2 Rumusan Masalah
1. Apa yang dimaksud internet ?
2. Apa saja yang dibutuhkan supaya terhubung ke internet ?
II.3 Tujuan Penulisan
1. Untuk mengetahui pengertian dari internet
2. Untuk mengetahui peralatan yang mendukung dalam menggunakan internet

III. Telaan Pustaka
Peralatan yang dibutuhkan software ISP (Internet Service Provider) dan internet seperti web browser

IV. Pembahasan
Disini saya akan menjelaskan peralatan-peralatan yang mendukung dalam menggunakan internet.

1. CPU


Komputer dengan processor pentium 100 Mhz (minimal), lebih tinggi akan lebih baik, jika lebih rendah dari itu maka prosesnya akan lambat. Sebaiknya, dalam membeli processor atau CPU generasi baru (pentium II/pentium III). CPU generasi baru biasanya harganya jauh lebih mahal.

2. RAM


Komputer dengan memory 16 Mbytes sering memperlambat kerja kita, minimal diupgrade sampai 32 Mbytes (disarankan 64 Mbytes).

3. Hardisk


Hardisk dengan tipe IDE harganya cukup murah dan memiliki akses yang memadai. Kita tidak perlu membeli Hardisk tipe SCASI yang berharga 2 sampai 3 kai lipat lebih mahal. Namun Hardisk SCASI membuat proses start-up dan menyimpan file jauh lebih cepat. Ukuran Hardisk disarankan minimal 800 Mbytes atau 4Gbytes.

4. Monitor



Sebaiknya menggunakan monitor yang berukuran 14 atau 15. Ukuran yang lebih besar akan memberikan daerah pandang yang lebih luas sehingga membantu saat editing atau penyuntingan.

5. Sistem Operasi
Sistem operasi disini yang dapat digunakan diantaranya Windows 95, Windows 98, Windows 2000, Windows XP ataupun Linux. Jika kita menggunakan Windows 95 (RAM minimal 32 Mbytes) atau Windows 98 (RAM minimal 64 Mbytes). Jangan sekali-kali menggunakan Windows 2000 jika RAM dibawah 128 Mbytes.


6. Modem


Modem adalah perangkat hardware tambahan untuk komputer (baik jenis card internal, maupun eksternal yang terletak diluar komputer). Pada dasarnya modem adalah alat yang memungkinkan komputer untuk berbicara dengan komputer lain melaui kabel telepon. Tetapi saat ini kita sudah bisa menggunakan modem tipe usb yang lebih mudah penggunannya dibandingkan dengan menggunakan kabel telepon. Kata modem berasal dari kata modulasi demodulasi yang diartikan sebagai roses perubahan sinyal digital menjadi analog sehinggal dapat dikirim lewat telepon. Modem penerima akan mengubah sinyal analig menjadi sinyal digital kembali untuk diproses selanjutnya oleh komputer,

7. Software
Software sangat diperlukan untuk berhubungan dengan internet. Tanpa software yang sesuai, kita tidak bisa mengakses internet. Sebagi contoh Microsoft Office digunakan untuk mengetik presentasi, perhitungan dan lain-lain. Microsoft Internet Explorer dan Nestcape Communicator digunakan untuk mengakses web. Cute FTP, GolZilla dan WSTP adalah software khusus untuk FTP. Untuk e-mail kita bisa menggunakan internet mail / Outlook Express yang merupakan bagian dari Microsoft Internet Explorer. Sedangkan mIRC, Yahoo Messenger program yang digunakan untuk chatting.

V. Kesimpulan
Internet adalah jaringan komputer yang bisa di kategorikan sebagai WAN, menghubungkan bejuta komputer di seluruh dunia, tanpa batas negara, dimana setiap orang yang memiliki komputer dapat bergabung ke dalam jaringan ini hanya dengan melakukan koneksi ke penyedia layanan internet. Peralatan-peralatan yang dibutuhkan dalam mengakses internet diantaranya CPU, RAM, Hardisk, Monitor, Sistem Operasi, Modem dan Software.

Sumber:
http://kutak-ketik.blogspot.com/2010/04/jaringan-internet-pengertian-jaringan.html
N.H.,Fairus, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Jakarta: Ganeca Exact, 2005

0 komentar:

Posting Komentar

 

©Copyright 2011 Rizkamuslimah.com | deliverdee