Sistem Jaringan

1 komentar
I. Abstraksi

Pada saat ini model komputer tunggal yang melayani seluruh tugas-tugas komputasi suatu organisasi telah digantikan oleh sekumpulan komputer berjumlah banyak yang terpisah-pisah tetapi saling berhubungan dalam melaksanakan tugasnya. Sistem seperti ini disebut sebagai jaringan komputer. Jaringan mempunyai beberapa manfaat lebih dibandingkan dengan komputer yang berdiri sendiri selain itu dunia usaha pula telah mengakui bahwa tekhnologi yang memiliki akses tekhnologi informasi modern selalu memiliki keunggulan kompotetitif dibandingkan dengan pesaing yang memiliki tekhnologi terbatas.

II. Pendahuluan

II.1 Latar Belakang
Jaringan komputer dapat diartikan sebagai suatu himpunan interkoneksi sejumlah komputer. Dua buah komputer dikatakan membentuk suatu network bila keduanya dapat saling bertukar informasi. Sebuah sistem dengan unit pengendali (control unit) dan sejumlah komputer lain yang merupakan slave bukanlah suatu jaringan. Demikian juga komputer besar dengan remote printer dan terminal pun bukanlah suatu jaringan. Keuntungan yang dapat diperoleh dalam menggunakan jaringan yaitu jaringan menggunakan manajemen sumber daya lebih efisien, jaringan membantu mempertahankan informasi agar tetap handal dan up-to-date, jaringan membantu mempercepat proses berbagi data (data sharing), jaringan memungkinkan kelompok kerja berkomunikasi dengan lebih efisien, dan jaringan membantu usaha dalam melayani klien secara lebih efektif.
II.2 Rumusan Masalah
1. Apa pengertian dari jaringan komputer ?
2. Sebutkan tipe jaringan yang umum digunakan ?
II.3 Tujuan Penulisan
1. Untuk mengetahui pengertian jaringan komputer
2. Untuk mengetahui tipe-tipe jaringan yang umum digunakan

III. Telaah Pustaka
Alat yang diperlukan komputer dan sebuah jaringan

IV. Pembahasan
Terdapat empat tipe jaringan yang umum digunakan antara lain jaringan WorkGroup, jaringan LAN, jaringan MAN dan jaringan WAN.
a) Jaringan WorkGroup

Pada jaringan ini terdiri dari beberapa unit komputer yang dihubungkan dengan menggunakan Network Interface Card dan bisa juga menggunakan kabel BNC maupun UTP. Semua unit komputer yang terhubung dapat mengakses data dari unit komputer lainnya dan juga dapat melakukan pencetakan dokumen pada printer yang terhubung dengan unit komputer lainnya.
Keuntungan dalam menggunakan jaringan WorkGroup adalah akses data dari atau ke unit komputer lain dapat dibatasi dengan tingkat sekuritas pada password yang diberikan, pertukaran file dapat dilakukan dengan mudah, komunikasi antarkaryawan dapat dilakukan dengan menggunakan E-Mail dan Chat dan bila salah satu unit komputer terhubung dengan modem maka semua atau sebagian unit dapat mengakses ke jaringan internet.

b) Jaringan LAN
LAN (Local Area Network) adalah suatu kumpulan komputer, dimana terdapat beberapa unit komputer dan satu unit komputer yang digunakan untuk server. Jaringan ini banyak digunakan di rumah, perkantoran, industri, akademi, rumah sakit dan lain lain. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Keuntungan dari menggunakan jaringan LAN yaitu pertukaran file dapat dilakukan dengan mudah, proses backup data menjadi lebih mudah dan cepat, resiko kehilangan data oleh virus komputer menjadi sangat kecil,pemakain printer dapat oleh semua client, file-file data dapat disimpan pada server sehingga data dapat diakses dari semua client dan file data yang keluar maupun masuk dari atau ke server dapat di kontrol.
c) Jaringan MAN
Metropolitan Area Network atau yang biasa disebut dengan MAN merupakan pengembangan dari Local Area Network. Jaringan ini terdiri dari beberapa jaringan LAN yang saling berhubungan. Letak jaringan ini bisa saling berjauhan, tergantung dari panjang kabel yang kita gunakan.
d) Jaringan WAN
Wide Area Network atau yang biasa disebut dengan WAN adalah kumpulan dari LAN atau WorkGroup yang dihubungkan dengan menggunakan alat komunikasi modem dan jaringan internet, dari atau ke kantor pusat dan kantor cabang maupun antar kantor cabang. Sistem jaringan ini dapat menggunakan jaringan internet yang sudah ada, misalnya dalam menghubungkan antar kantor pusat dan kantor cabang. Adapun keuntungan dalam menggunakan jaringan WAN yaitu komunikasi antarkantor dapat menggunakan E-Mail, pooling data dan updating data antarkantor dapat dilakukan setiap hari pada waktu yang ditentukan dan dokumen ataupun file yang biasanya dikirimkan melaui fax dapat dikirim melalui e-mail dan transfer file dengan biaya yang relatif murah.

V. Kesimpulan
Jaringan komputer dapat diartikan sebagai suatu himpunan interkoneksi sejumlah komputer. Dimana terdapat dua buah komputer yang membentuk suatu network saling bertukar informasi. Jaringan WorkGroup yaitu jaringan terdiri dari beberapa unit komputer yang dihubungkan dengan menggunakan Network Interface Card dan bisa juga menggunakan kabel BNC maupun UTP. Jaringan LAN adalah suatu kumpulan komputer, dimana terdapat beberapa unit komputer dan satu unit komputer yang digunakan untuk server. Sedangkan jaringan MAN adalah jaringan yang terdiri dari beberapa jaringan LAN yang saling berhubungan. Dan yang terakhir jaringan WAN adalah kumpulan dari LAN atau WorkGroup yang dihubungkan dengan menggunakan alat komunikasi modem dan jaringan internet, dari atau ke kantor pusat dan kantor cabang maupun antar kantor cabang

Sumber:
http://perkembangankomputer.wordpress.com/2011/02/15/macam-macam-jaringan-komputer/
N.H.,Fairus, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Jakarta: Ganeca Exact, 2005

1 komentar:

Posting Komentar

 

©Copyright 2011 Rizkamuslimah.com | deliverdee